DETERMINASI MANAJEMEN SDM PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN PADA PERGURUAN TINGGI KEMENTERIAN/LEMBAGA (PTKL) (STUDI KASUS: POLITEKNIK IMIGRASI)
Abstract
Standar mutu kualitas pendidikan sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah RI Nomor 4 Tahun 2022 tentang Standar Pendidikan Nasional yang didalamnya meliputi 8 aspek. Salah satu aspek yang saat ini menjadi perhatian ialah aspek pendidik dan tenaga kependidikan pada Perguruan Tinggi Kementerian Lembaga (PTKL). PTKL merupakan penyelenggara pendidikan tinggi yang sebagian menerapkan pola pendidikan Pengajaran, Pelatihan dan Pengasuhan (Jarlatsuh) atau pendidikan berasrama. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa belum ada kelompok jabatan khusus yang mengakomodir pelaksanaan tugas dan fungsi pendidik atau pembina pada PTKL. Selain itu, pengembangan kompetensi dan karir para pembina juga belum terlaksana. Oleh karena itu, manajemen pembina dalam peningkatan mutu kualitas pendidikan. Beberapa upaya yang dapat dilakukan ialah dengan melakukan perencanaan dengan analisis kebutuhan komposisi dan kualifikasi pembina, pengembangan kompetensi dan karir pembina serta upaya manajemen talenta para pembina sesuai dengan sistem merit.
Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Kajian Keimigrasian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).